Ricky Afrianto

Global Marketing Director Mayora

Sebelum diangkat menjadi  direktur pemasaran global di PT Mayora Indah Tbk, Ricky Afrianto menjabat sebagai pemasaran ekspor di PT. Indah Kiat Pulp & Paper (Asia Pulp & Paper) dan manajer pemasaran kategori regional untuk Asia dan Timur Tengah di Fonterra Brands Singapore pada 2010.

Sejak menjadi direktur pemasaran global di PT Mayora Indah Tbk, Ricky Afrianto terus menghasilkan prestasi yang luar biasa di dunia marketing. Dengan kiprahnya yang besar dan kepemimpinannya yang mumpuni, Ricky dapat membawa brand Roma menjadi market leader untuk kategori biskuit di Indonesia. Ia  memperoleh Wealth Added Index (WAI) positif yang merupakan hasil dari konsistensi dalam memberikan kualitas produk terbaik kepada konsumen dan menerapkan budaya inovasi berkelanjutan dalam mengeluarkan produk yang menjawab kebutuhan konsumen. Di samping itu ia juga menempati peringkat ke-13 di daftar SWA100 2019.

Pencapain tersebut tentunya tak lepas dari pandangan filosofinya dalam menjalankan pekerjaan di bidang marketing yang berbunyi “Marketing is one of the biggest and longest battle in human history. The bad news and the good news: it’s never ending battle and never ending journey!”.

Bagi pria penuh dedikasi ini, konsumen merupakan sumber pembelajarannya, dari konsumen Ricky dapat belajar mengenai simplicity and relevancy serta banyak hal lainnya yang mungkin tidak terpikir sebelumnya. Maka wajar saja, di era pandemi COVID-19, Ricky Afrianto dipercaya dapat menghasilkan terobosan terbaru untuk menangani permasalahan di masa new normal.

Going Global: Building Brand Abroad in the Era of Deglobalization

Ancaman serius menghadang merek-merek Indonesia di mancanegara. Gelombang besar deglobalisasi dan juga bencana Corona yang melanda dunia, membuat merek-merek Indonesia kelimpungan; maju kena, mundur kena. Dibutuhkan langkah-langkah strategis   menavigasi lanskap bisnis yang semakin kompleks. Merek-merek Indonesia harus bisa menyesuaikan diri dengan situasi baru pasar internasional dan bijak menjawab deglobalisasi dengan melakukan kolaborasi. Bagaimana langkah Mayora mengamankan mereknya di pasar mancanegara?

Branding Practices

Kamis, 2 Juli 2020

Pukul 15.45 - 16.15