Handaka Santosa

CEO Sogo Indonesia

Kalau ada sosok yang bisa disebut jawara untuk mengelola mal dan pusat perbelanjaan, rasanya tak salah jika telunjuk mengarah pada Handaka Santosa. Memulai karier sebagai direktur Plaza Gajah Mada pada 1981, pria santun dan rendah hati dari Solo ini sukses membawa Sogo Indonesia menjadi department store terbagus pada zamannya.

Di dunia mal dan pusat belana, Handaka memang seperti lelaki bertangan Midas. Apa yang disentuhnya jadi berkilau. Belakangan, sosok alumnus Universitas Diponegoro ini pun kembali membuktikan kemampuannya dengan mewujudkan Senayan City sebagai trend setter baru pusat perbelanjaan di Indonesia.

Namun masa pandemi mendatangkan tantangan tersendiri buatnya. Dia harus membangkitkan kembali mal dan pusat belanja yang sempat sepi di era new normal. Tentu situasi tak lagi sama. Tapi dengan pengalamannya di balik kesuksesan department store kelas atas seperti Sogo, Seibu dan Galleries Lafayette, dia diyakini akan bisa mengatasi tantangan ini sehingga mal dan pusat belanja kembali hidup dengan tetap patuh pada protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah.

Retail: How Shopping Mall Will Survive and Thrive in the New Normal?

Industri ritel babak belur terkena terjangan pandemi virus corona. Ritel yang paling terkena dampak adalah department store/shopping mall. Sektor ritel adalah industri yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Di sisi lain, industri ini juga menyerap tenaga kerja sehingga masuk ke dalam industri padat karya. Nah, bagaimana di era normal baru, shopping mall akan bertransformasi? Bagaimana wujud the new shopping mall ke depan?

Industry Comeback

Rabu, 1 Juli 2020

Pukul 15.00 – 16.30