Don Kardono

Influencer Marketing Strategist

Memiliki segudang pengalaman di bidang media, pariwisata, dan leisure, karier Don Kardono tergolong lengkap dan berwarna. Lebih dari 23 tahun bekerja di media (Group Jawa Pos) — terakhir memimpin Indopos (2015), Don terbiasa mobile; bergerak dari satu spot ke spot yang lain; dari satu nara sumber ke nara sumber yang lain; dan dari satu kota ke kota yang lain. Baginya, bertemu dengan banyak karakter orang, dengan segala adat dan budayanya, sungguh memuaskan hobinya: travelling.

Bagi Don, traveling itu mengasyikkan. Travelling juga pilihan hidup. Maka, ketika diminta, membantu Pak Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menjadi Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi (2015 – 2019) bak dicinta ulam tiba. Don sangat menikmati tugasnya. Ia menjadi salah satu inisiator lahirnya Generasi Pesona Indonesia (GenPi) maupun Generasi Wonderful Indonesia (GenWi). Gerakan masyarakat yang bermain di platform media sosial; diisi oleh netizen, Blogger, Vloger, Fotografer, Videografer, Traveler, Jurnalis, Reporter dan Influencer dalam rangka membangun pariwisata Indonesia melalui sosial media.

Menurut Don, ke depan influencer marketing akan menjadi senjata pamungkas yang mengambil alih peran pemasaran konvensional. Era digital dan juga kondisi paska pandemik akan mempercepat proses peralihan itu.

Influencer Marketing during Pandemic: Authentic Collaboration + Cocreative Content for Impact

Besar dugaan pandemi telah memaksa pemilik merek untuk mengambil jeda (pause) serta mengevaluasi strategi pemasarannya. Salah satunya yang dilakukan adalah makin memindahkan dari traditional ad ke influencer marketing. Namun, benarkah demikian? Bagaimana pemilik merek menggunakan influencer marketing secara tepat? Lalu, bagaimana influencer marketing itu sendiri mengembangkan strategi kolaborasi dan co-creative yang memberi dampak?

Branding Practices

Rabu, 1 Juli 2020

Pukul 08.30-09.30