Abdullah Azwar Anas

Bupati Banyuwangi

Abdullah Azwar Anas adalah sosok di balik transformasi Kabupaten Banyuwangi. Pria yang akrab disapa Anas ini berhasil mengubah Banyuwangi dari kota santet menjadi kota festival. Jika dahulu hanya dikenal sebagai kota singgah bagi pelancong yang ingin ke Bali, kini, Banyuwangi menjadi salah satu destinasi populer di Indonesia.

Perlahan tapi pasti, Anas memoles Banyuwangi menjadi daerah yang terpandang. Baik dari sisi keindahan kota, pariwisata dan kesejahteraan rakyat. Banyak orang datang ke Banyuwangi tidak hanya wisatawan domestik namun juga wisatawan internasional. Bahkan, Banyuwangi sering dijadikan tujuan studi banding oleh instansi pemerintahan berkat Mal Pelayanan Publik.

Bagi Anas kunci keberhasilannya adalah inovasi. Payung inovasi yang ia gunakan yaitu pariwisata karena potensi pariwisata Banyuwangi yang begitu indah. “Semua dinas adalah dinas pariwisata”, ungkap Anas dalam buku Anti Mainstream Marketing yang baru-baru ini ia launching. Ia mewajibkan seluruh satuan dinas di Banyuwangi untuk membuat terobosan (inovasi).

Di saat pandemi memaksa orang untuk berdiam di rumah, traveling menjadi kegiatan yang ditakuti. Hal ini kemudian menjadi tantangan tersendiri untuk memastikan ekonomi tetap mandiri. Di Indonesia Brand Forum 2020, Anas akan berbagi jurus mengenai bagaiman suatu kota yang kekuatannya berada di pariwisata bisa bertahan dalam menghadapi badai COVID-19.

Place Branding: Win Back Tourists, Traders, Invenstors after COVID-19

Pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terpukul wabah Covid-19. Namun dengan adanya new normal, pariwisata juga berpeluang untuk bangkit, dan memang harus bangkit. Lantas, apa strategi yang harus dijalankan agar membuat para turis, trader, dan investor kembali ke pangkuan?

Branding Practices

Kamis, 2 Juli 2020

Pukul 11.00-12.00